Pancasila sebagai Sistem Nilai

Pancasila sebagai nilai terbagi menjadi 3,yaitu Nilai Ideal, Nilai Instrumental, dan Nilai Praksis

NILAI IDEAL

Pengertian dari nilai dasar adalah nilai-nilai dasar yang mempunyai sifat tetap (tidakberubah), nilai-nilai ini terdapat dalam Pembukaan UUD 1945. Nilai-nilai dasar Pancasila (Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan Sosial) kemudian dijabarkan menjadi nilai-nilai instrumental dan nilai praksis yanglebih bersifat fleksibel dalam bentuk aturan atau norma-norma yang berlakudalam kehidupan bemasyarakat, berbangsa dan bernegara.

NILAI INSTRUMENTAL

Pengertian dari nilai instrumental adalah penjabaran lebih lanjut dari nilai dasar atau nilai ideal secara lebih kreatif dan dinamis dalam bentuk UUD 1945 dan peraturan Perundang undangan lainnya, dan dalam Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan Negara menurut UU No. 10 Tahun 2004. Nilai instrumental ini dapat berubah atau diubah.

NILAI PRAKSIS

Pengertian dari Nilai Praksis adalah nilai yang sesungguhnya dilaksanakan dalam kehidupannyata sehari-hari baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai praksis juga dapat berubah/diubah atau bisa juga dikatakkan nilai praksis merupakan penerapan dari nilai instrumental dan nilai ideal pada kehidupan sehari hari. 

Published by

Trisno Subekti, S.Pd., MM

Trisno Subekti, S.Pd., MM

Saya pengampu MK Pancasila dan Kewarganegaraan. Home Base saya di Prodi D-III Kebidanan STIKes Dharma Husada Bandung, meski demikian saya juga mengajar di D-III Keperawatan, D-III Refraksi Optisi, S-1 Keperawatan, dan S-1 Kesehatan Masyarakat untuk MK tersebut di atas.